5 Tren Wisata di Era New Normal

PANDEMI virus corona Covid-19 telah memberikan banyak dampak pada sektor pariwisata. Alhasil selama masa transisi menuju new normal, sektor pariwisata mengalami banyak sekali perubahan dalam upaya menarik minat para wisatawan.

Seperti diketahui, masyarakat menjadi semakin khawatir dan peduli terhadap kebersihan selama pandemi Covid-19. Kondisi inilah yang memunculkan beberapa trend perubahan dalam berwisata. Merangkum dari Siakapkeli, berikut tren wisata yang diminati wisatawan.

Perjalanan lokal maupun domestik

Juru bicara Tripadvisor, Elizabeth menjelaskan bahwa pemulihan pariwisata akan dimulai secara lokal. Artinya wisatawan cenderung menjelajahi daerah setempat atau melakukan perjalanan domestik sebelum kembali ke perjalanan internasional.

Perjalanan lokal dipilih karena wisatawan mempercayai jaminan yang diberikan oleh pemerintah setempat. Jika semuanya berjalan lebih baik, pelancong akan mulai menjelajahi perjalanan dengan jarak yang lebih jauh.

Social distancing dan pengurangan kapasitas pengunjung

Sebagai protokol kesehatan di era new normal menjaga jarak sosial menjadi hal yang sangat diperhatikan. Pemandu tur dapat menawarkan lebih banyak kegiatan di luar ruangan dengan kapasitas kelompok yang lebih kecil. Selain itu, itu juga akan membatasi pergerakan ke banyak lokasi setiap hari.

Sanitasi dan sistem keamanan yang baik

Faktor kesehatan, kebersihan, dan keselamatan menjadi prioritas utama dalam berlibur kala pandemi Covid-19. Wisatawan akan memilih destinasi dengan tingkat sanitasi yang baik dan protokol kesehatan yang terorganisir.

Akomodasi yang terisolasi dan pribadi, seperti vila akan menarik wisatawan. Pasalnya tempat tersebut memiliki tingkat risiko kesehatan yang lebih kecil ketimbang tempat padat pengunjung

Penggunaan teknologi untuk mengurangi kontak fisik

Para pakar industri mengatakan bahwa teknologi akan menjadi alat utama dalam kebangkitan industri pariwisata. Layanan berbasis digital, seperti paspor dan ID elektronik, kunci penginapan otomatis melalui ponsel.

Selain itu, layanan robot akan menjadi hal yang penting selama new normal. Tujuannya adalah untuk meminimalkan kontak fisik dengan manusia.

Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan juga penting dalam era new normal. Saat ini banyak wisatawan yang marah karena tidak dapat menggunakan asuransi perjalanan selama pandemi Covid-19. Saat ini asuransi yang fleksibel banyak dilirik oleh masyarakat.

Asuransi perjalanan ini membuat wisatawan dapat membatalkan penerbangan, akomodasi, dan komponen perjalanan lainnya, bahkan pada saat terakhir.

 

Wisata bandung murah, Paket wisata bandung, Liburan bandung murah, Liburan jogja murah, wisata jogja murah, Wisata malang murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami via Whatsapp